Usaha Kecil dimasa Pandemi

Usaha Kost-kostan

Peminatnya yang cukup tinggi dan anda tidak akan pernah kekurangan pelanggan, karena information menunjukkanhampir 90 persen poerantauan memerlukan kost–kostan. Apalagi jika anda membangun di dekat kampus, sudah bisa dipastikan tidak pernah ada rumah kost-kost yang kosong karena tidak ada penghuninya. Usaha rumah kostan bisa dibilang usaha yang balik modalnya cepat, karena perputaran uangnya juga tidak lama. Dalam waktu paling lama sepuluh tahun, maka modal bisa dipastikan seluruh modal anda sudah bisa kembali plus untungnya.

Pengelolaan sepenuhnya ia lakukan sendiri dengan dibantu satu orang pembantu yang dipekerjakannya untuk membersihkan space kost-kostan sekaligus untuk menjaga keamanan kos. Selain memberikan harga yang kompetitif, selanjutnya Anda juga harus menyediakan fasilitas tambahan. Untuk memperlancar komunikasi, gunakan media komunikasi, seperti WhatsApp atau Line dengan para penyewa untuk menerima keluhan dan saran perbaikan fasilitas.

Berbeda dengan rumah kontrakan yang biasanya penghuni belum tentu peduli dengan perawatan rumah. Tidak dapat dipungkiri, bahwa fasilitas yang disediakan oleh sebuah kos memiliki pengaruh besar terhadap harga sewa. Anda bisa menambah fasilitas, seperti AC, shower (hot & cold), water heater, kulkas, atau balkon sebagai cara menaikkan harga sewa agar tetap stabil. Kamu tentunya pernah mendengar band Kotak yang beberapa tahun belakangan sempat banyak penggemar. Vokalisnya yang dikenal dengan nama Tantri rupanya mulai melirik bisnis kos kosan setelah belasan tahun berada di industri musik.

Anda juga bisa membangun rumah kost baru jika memang budget yang dimiliki mencukupi. Memiliki bisnis kos kosan sangatlah menggiurkan, meski umumnya biaya pembuatan kos kosan terbilang besar. Investasi rumah kost ini merupakan investasi yang tidak akan pernah rugi, karena harganya tidak pernah mengalami penurunan. Ditambah lagi jika ada penambahan fasilitas tambahan, maka anda dapat menaikkan harga sewanya minimal sebanyak 10 – 15 persen dari harga pasaran. Bila memulai usaha kos-kosan sendiri terasa menyulitkan maka Anda dapat memulai bisnis properti ini dengan cara bekerja sama dengan orang lain, saudara, kerabat, ataupun teman. Tak hanya dari segi dananya namun beban Anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis pun dapat dibagikan ke partner Anda.

Usaha kost-kostan

Ditambah keuntungan lain dari bisnis kost-kostan yang harga jual rumah kost-kostan akan semakin naik setiap tahun. Dan bisa disewakan dengan keuntungan perbulan yang cukup menjanjikan. Usaha kamar kost-kostan merupakan jenis usaha yang bersifat pasif. Dimana ketika kita tidak bekerja, kita tetap memperoleh pendapatan setiap bulan dari usaha sewa kamar kost-kostan. Begitupun sebaliknya, saat Anda mendapatkan harga sewa, lokasi strategis dan fasilitas yang sesuai tapi kos kosan tersebut sudah penuh terisi.

Selain itu, diterapkan juga PPh Final kepada wajib pajak pribadi dan badan dengan perolehan omset di bawah four,eight miliar rupiah dalam 1 tahun. 2 Terletak di daerah kampus, yaitu kampus ITN, tengah-tengah kota, strategis. Selain penghitungannya lebih sederhana, nilai pajak yang dibebankan ke wajib pajak pun tidak memberatkan pemilik kos-kosan. Jadi, apabila usaha kos-kosan mendapatkan omzet selama satu tahun tidak lebih dari 4 PRAGMATIC PLAY,eight miliar, maka akan dikenakan PPh Final. Seperti yang Anda juga ketahui bahwa tarif dari PPh Final berbeda-beda bagi setiap jenis penghasilannya. Untuk pajak kos-kosan sendiri, dikenakan tarif sebesar 1% dari complete pendapatan yang pengusaha terima selama 1 bulan.

Inilah yang membuat pemilik bisnis kos-kosan harus mengencangkan ikat pinggang karena pemasukan semakin berkurang. Harga sewa kontrakan umumnya mengalami kenaikan paling tidak sebesar 5% per tahun. Berbagai ideas diatas akan cukup masuk akal untuk Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis kos-kosan.