UMKM Selama Pandemi

Berbisnis Sambil Kuliah, Intip Kisah Sukses Three Mahasiswa Ini

Di period milenial sekarang ini, kebanyakan orang lebih senang berbelanja melalui web dibandingkan harus datang langsung ke toko karena lebih efisien. Sedangkan buat kamu yang belum ahli di bidang desain grafis, kamu bisa berlatih terlebih dahulu dengan memanfaatkan laptop computer atau komputer yang kamu miliki. Selain itu, ada banyak tutorial yang bisa kamu lihat lewat Youtube atau berbagai sosial media yang lain.

Bisnis mahasiswa tanpa modal

Satu kepastian yang akan datang ketika berbisnis adalah naik turunnya jumlah omzet dan karyawan. Swan, adalah pengusaha yang pandai mencari ide untuk berpromosi. Swan, ada lima kunci sukses yang ia pegang teguh dalam membangun dan mengembangkan Dapur Solo. Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dapat bergabung.

Hal ini menimbulkan rasa kekeluargaan bagi pelanggan yang datang ke Dapur Solo, dan bisa menimbulkan kesetiaan. Selain rasa makanannya yang enak, rasa kekeluargaan juga bisa membuat pelanggan datang kembali ke bisnis kita,” jelas Ny. “Menjadi pengusaha harus passionate atau bersemangat dalam membangun bisnis. Setelah 33 tahun, semangat dan kerja kerasnya berhasil menumbuhkan bisnis rumahannya hingga menjadi rumah makan terkenal yang kini memiliki forty two cabang restoran di Jakarta dan sekitarnya. Kini nama Dapur Solo sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, dan identik dengan menu kuliner khas Solo dan Jawa Tengah, serta menu kuliner Nusantara lainnya. Garang Asem Ayam, Lontong Solo, dan Asem-asem Iga telah menjadi spesialisasi Dapur Solo yang dicintai masyarakat sejak dulu.

Pengeluaran sebagai mahasiswa sendiri saat ini cukup tinggi sehingga perlu disiasati agar tidak terlalu merepotkan orang tua. Ada banyak jenis waralaba yang bisa dipilih, mulai dari makanan ringan dan minuman. Jenisnya bisa disesuaikan dengan apa yang disukai sekaligus yang cocok dengan pasar tempat waralaba tersebut akan dijalankan. Ide bisnis anak kost yang satu ini membutuhkan modal awal yang bisa didapat dari patungan atau meminjam dari keluarga.

Kelemahan yang paling nampak ialah menangani komplain dari pembeli. Nah untuk mengantisipasi komplain, sebagai dropshipper pamula, kita harus selektif pula dalam mencari produk barang dam jasa yang murah tadi. Upayakan penjual yang amanah dan bila mungkin, cari penjual yang memiliki program retur atau penukaran.